Pengenalan tentang Scratch dan Game Petualangan Antariksa
Scratch adalah platform koding berbasis blok yang luar biasa, memungkinkan jutaan kreator muda membangun game, animasi, dan proyek interaktif. Jika Anda tertarik dengan game bertema luar angkasa, Anda akan menemukan perjalanan yang menarik di sini!
Mengapa Scratch?
Sebelum kita mulai petualangan, mari kita pahami mengapa Scratch adalah pilihan yang tepat untuk para pemula:
- Antarmuka Visual: Scratch menggunakan blok berwarna yang saling terhubung, sehingga mudah dipahami oleh pemula.
- Komunitas: Scratch memiliki komunitas yang aktif, di mana para pengguna berbagi proyek, berkolaborasi, dan belajar bersama.
- Kreativitas: Scratch mendorong kreativitas, pemecahan masalah, dan berpikir komputasional.
Cara Membuat Game Petualangan Luar Angkasa di Scratch
Mari langsung kita mulai membuat game petualangan luar angkasa kita!
Langkah 1: Menambahkan Sprite
Untuk menambahkan sprite, klik "Pilih Sprite" (ikon kucing) di pojok kanan halaman.
Mari langsung kita mulai membuat game petualangan luar angkasa kita!
Langkah 1: Menambahkan Sprite
Untuk menambahkan sprite, klik "Pilih Sprite" (ikon kucing) di pojok kanan halaman.
- pergi ke sprites dan pilih rocket.
- gambar dan pilih warna astroidnya
Langkah 2: Backdrops
- pilih backdrops
- gambar dan tulis Game Over backdrop untuk backdrop kedua
Langkah 3: Coding
Sekarang, mari kita mulai coding untuk sprite Roket.
1. Blok Awal (When Clicked):
- Geser opsi "When clicked" dari bagian "Events". Ini adalah blok awal yang juga dikenal sebagai "run block".
2. Ganti Latar Belakang:
- Geser "Switch backdrop" dari bagian "Looks" untuk mengganti latar belakang menjadi "Stars".
3. Posisi Roket:
- Gunakan blok dari bagian "Motion" untuk mengatur posisi X roket (agar tetap di tempat).
4. Suara Roket Bergerak:
- Geser "play sound" dan tambahkan suara pilihan Anda untuk saat roket bergerak.
5. Kontrol Gerakan Roket:
- Atur posisi mouse ke Y untuk membuat roket bergerak sesuai dengan posisi Y mouse.
6. Pengulangan dan Kondisi Tabrakan:
- Tempatkan semua blok ini di bawah blok "Repeat until" karena pengulangan ini akan terus terjadi hingga roket menyentuh asteroid.
- Geser blok kondisi "If () then" dari bagian "Control". Tambahkan suara berbeda untuk roket yang menyentuh asteroid (dari blok "Sound") dan ganti latar belakang menjadi "Game Over" untuk menghentikan permainan.
7. Hentikan Permainan:
- Geser blok "stop-all" dari bagian "Control" untuk menghentikan permainan.
Dengan langkah ini, coding untuk roket telah selesai.
Sekarang, mari kita mulai coding untuk sprite Roket.
1. Blok Awal (When Clicked):
- Geser opsi "When clicked" dari bagian "Events". Ini adalah blok awal yang juga dikenal sebagai "run block".
2. Ganti Latar Belakang:
- Geser "Switch backdrop" dari bagian "Looks" untuk mengganti latar belakang menjadi "Stars".
3. Posisi Roket:
- Gunakan blok dari bagian "Motion" untuk mengatur posisi X roket (agar tetap di tempat).
4. Suara Roket Bergerak:
- Geser "play sound" dan tambahkan suara pilihan Anda untuk saat roket bergerak.
5. Kontrol Gerakan Roket:
- Atur posisi mouse ke Y untuk membuat roket bergerak sesuai dengan posisi Y mouse.
6. Pengulangan dan Kondisi Tabrakan:
- Tempatkan semua blok ini di bawah blok "Repeat until" karena pengulangan ini akan terus terjadi hingga roket menyentuh asteroid.
- Geser blok kondisi "If () then" dari bagian "Control". Tambahkan suara berbeda untuk roket yang menyentuh asteroid (dari blok "Sound") dan ganti latar belakang menjadi "Game Over" untuk menghentikan permainan.
7. Hentikan Permainan:
- Geser blok "stop-all" dari bagian "Control" untuk menghentikan permainan.
Dengan langkah ini, coding untuk roket telah selesai.
Langkah 4: Coding Asteroid
Sekarang, mari kita mulai coding untuk sprite Asteroid.
1. Variabel Skor dan Kecepatan:
- Pertama, buat variabel bernama "Point" dan "Speed". Variabel "Point" digunakan untuk menyimpan nilai skor, sedangkan "Speed" digunakan untuk mengatur kecepatan roket (bisa naik atau turun).
- Atur nilai "Point" dan "Speed" menjadi 0.
2. Posisi Awal Asteroid:
- Geser opsi "go to XY" dari bagian "Motion" untuk mengatur posisi awal asteroid.
3. Gerakan Asteroid:
- Geser "Repeat until" dari bagian "Control" dan gabungkan dengan blok "Touching Rocket" dari bagian "Sensing".
- Di dalam blok "Repeat until", tambahkan blok "Change X by" dengan variabel "Speed" untuk mengubah kecepatan (variabel) posisi X (posisi kiri ke kanan) asteroid.
4. Pengecekan Posisi dan Pindah Arah:
- Di dalam blok "Repeat until", tambahkan blok kondisi "if() then" dari bagian "Control".
- Jika posisi X (dari blok "Motion") asteroid kurang dari -250 (posisi -x), maka atur posisi X (dari blok "Motion") menjadi 250 agar asteroid muncul kembali dari sisi kiri layar X.
- Kemudian, atur posisi Y (dari blok "Motion") secara acak antara 180 dan -180 (dari posisi Y ke -Y).
5. Perhitungan Skor dan Kecepatan:
- Terakhir, ubah nilai "Speed" dengan angka 1 dan -1 secara bergantian.
- Tambahkan nilai "Point" dengan angka 1 untuk menghitung skor.
Sekarang, mari kita mulai coding untuk sprite Asteroid.
1. Variabel Skor dan Kecepatan:
- Pertama, buat variabel bernama "Point" dan "Speed". Variabel "Point" digunakan untuk menyimpan nilai skor, sedangkan "Speed" digunakan untuk mengatur kecepatan roket (bisa naik atau turun).
- Atur nilai "Point" dan "Speed" menjadi 0.
2. Posisi Awal Asteroid:
- Geser opsi "go to XY" dari bagian "Motion" untuk mengatur posisi awal asteroid.
3. Gerakan Asteroid:
- Geser "Repeat until" dari bagian "Control" dan gabungkan dengan blok "Touching Rocket" dari bagian "Sensing".
- Di dalam blok "Repeat until", tambahkan blok "Change X by" dengan variabel "Speed" untuk mengubah kecepatan (variabel) posisi X (posisi kiri ke kanan) asteroid.
4. Pengecekan Posisi dan Pindah Arah:
- Di dalam blok "Repeat until", tambahkan blok kondisi "if() then" dari bagian "Control".
- Jika posisi X (dari blok "Motion") asteroid kurang dari -250 (posisi -x), maka atur posisi X (dari blok "Motion") menjadi 250 agar asteroid muncul kembali dari sisi kiri layar X.
- Kemudian, atur posisi Y (dari blok "Motion") secara acak antara 180 dan -180 (dari posisi Y ke -Y).
5. Perhitungan Skor dan Kecepatan:
- Terakhir, ubah nilai "Speed" dengan angka 1 dan -1 secara bergantian.
- Tambahkan nilai "Point" dengan angka 1 untuk menghitung skor.
Langkah 5: Menjalankan Game
Setelah semua coding selesai, klik tombol "play" (bendera hijau) untuk menjalankan kode. Untuk menghentikan permainan, gunakan tombol "stop" (kotak merah) di sebelahnya.
Jika Anda ingin melihat keseluruhan project ini di Scratch, klik di sini! (sesuaikan dengan link
yang Anda miliki)
Kesimpulan
kalau senang dengan artikel ini boleh dong traktir saya
BELIKAN KOPIFAQs
( Frequently Asked Questions – Pertanyaan Yang Sering Diajukan )
Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini
Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini
Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini
Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini
Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini
Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini
Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini
Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini
Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini
Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini Jawaban anda di sini
Project Pertama sudah diluncurkan lho